Pages

Wednesday, June 19, 2019

PRONOUNS


Maksudnya pronoun adalah sebuah kata yang digunakan untuk menggantikan sebuah kata benda (noun). Nah, pronoun ini digunakan ketika kita ingin menghilangkan pengulangan kata yang sifatnya monoton.
Sesuai dengan penggunaannya tadi, pronoun dapat menggantikan kata benda (noun) seperti; manusia/orang, hewan, benda-benda, tempat, dan lain sebagainya.
1. Personal Pronouns
Pronouns yang pertama ini digunakan ketika kita ingin menunjukkan:
  1. Si pembicara, biasa juga kita kenal dengan istilah ‘orang pertama’ atau ‘first person’. Ada dua bentuk utama untuk first person, yaitu; singular dan plural. Singular nya adalah I yang berarti saya dan di tulis menggunakan huruf kapital. Sedangkan bentuk plural nya adalah we yang digunakan ketika si pembicara lebih dari 1 orang.
  2. Orang pertama berbicara kepada orang lain, atau sering disebut second person. Bentuk singular dan plural nya sama, yaitu; YOU
  3. Yang terakhir adalah orang ketiga, teridri dari SHE (bentuk tunggal untuk wanita), HE (bentuk tunggal untuk pria), dan IT (untuk benda). Sedangkan bentuk jamaknya adalah THEY (untuk benda hidup maupun mati).
Untuk lebih jelasnya dapat sahabat lihat pada tabel dibawah ini: Sahabat juga boleh menyimpan gambar ini agar lebih paham lagi mengenai personal pronoun.
2. Possesive pronouns
Possesive pronouns tidak hanya bisa digunakan untuk menggantikan possesive noun tetapi juga dapat kita gunakan untuk menggantikan possesive adjective. Kita tidak perlu meletakkan kata benda (noun) sebelum possesive pronouns, namun kita dapat menggunakan kata of sebelum possesive pronouns nya. Contoh:
The students of the school
The car of the police
Tanda petik di tambah s (‘s) digunakan ketika kita ingin menunjukkan suatu kepemilikan. Contoh:
My father’s new office is at the fifth floor.

3. Reflexive  Pronouns
Reflexive  pronouns adalah pronoun yang digunakan ketika kita ingin menunjukkan orang/benda yang sama dalam sebuah kalimat bahasa Inggris. Dengan pronoun ini maka kegiatan yang dilakukan akan menunjuk balik kepada orangnya. 
Reflexive pronouns mempunyai 2 fungsi utama, yaitu:
1. Menggantikan subjek yang sama dalam sebuah kalimat. Baik orang ataupun benda. Contoh:
  • They behaved themselves for a change.
  • You will hurt yourself.
2. Memberikan tekanan kepada noun phrase. Contoh kalimatnya:
  • She herself spoke to me.
  • He wrote to me himself.
  • Anto appealed to the captain himself.
4. Demonstrative Pronouns
Demonstrative pronoun merupakan kata ganti penunjuk berdasarkan kedekatan: dekat (this dan these) dan jauh (that dan those). Contoh kalimatnya sebagai berikut:
  • This is my mother, these are my sisters.
  • That book is yours, those are mine.
5. Interrogative Pronoun
Interrogative pronoun adalah kata-kata yang mempertanyakan orang atau benda. Ini antara lain: who, whom (siapa), whose (punya siapa), why (mengapa), which (yang mana), dan what (apa).
Contoh kalimatnya:
  • Who did you call?
  • Why did you sell your car?    
6. Indefinite Pronoun
Indefinite pronoun adalah kata ganti yang mengacu pada seseorang atau sesuatu yang dianggap tidak tentu, seperti: somebody (seseorang), something, anything (sesuatu), everyone (setiap orang), dan everything (segala sesuatu).
7. Relative Pronoun
Relative pronoun adalah kata-kata yang merangkai suatu kata benda atau frasa kata benda dengan klausa penjelasnya, seperti who, whom, whose, which, dan that yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata yang.
Contoh kalimatnya:
  • I don’t like people who lose temper easily. 
  • Meong that I always feed everyday is my cat.


No comments:

Post a Comment