Pages

Friday, March 29, 2019

Subject, Verb, Complement & Modifier


1. SUBJECT
Subject adalah tentang apa atau siapa yang dibicarakan dalam suatu kalimat atau klausa sedangkan predicate menerangkan sesuatu tentang subjectSubject dapat berupa orang, hewan, benda, maupun konsep abstrak.
Setiap complete subject pada dasarnya dibangun oleh suatu atau lebeih noun atau kata benda dan juga pronoun dengan atau tanpa tambahan modifier yang bisa berbentuk article (the, an , an), kata sifat atau adjective, dan juga prepositional phrase. Untuk gerund  dan infinitive bisa juga menjadi atau menempati posisi subjek dalam kalimat.
Contoh Kalimat Subject :
Mr. Dadang was a great Teacher. (Mr. Dadang adalah Guru yang hebat).
Keterangan :
Teacher (Predicate noun) menerangkan subject (Mr. Dadang)

2. VERB
Sebuah kata kerja (verb) sering didefinisikan sebagai kata yang menunjukkan tindakan yang dilakukan subyek atau keadaan sekarang. Namun itu tidak sepenuhnya benar, ada beberapa verb yang tidak melakukan aksi contohnya adalah be, exist, seem dan belong.
Kata kerja adalah jantung dari kalimat, setiap kalimat harus memiliki kata kerja. Mengenali kata kerja sering merupakan langkah yang paling penting dalam memahami arti dari suatu kalimat. Tidak seperti kebanyakan dari parts of speech lainnya, kata kerja dalam bahasa inggris berubah-ubah bentuknya. Sebenarnya ada bermacam-macam verb, tetapi agar tidak terlalu panjang, maka akan dibahas kata kerja dalam bahasa inggris yang pokok saja.
Contoh Kalimat Verb :
saw my father in the house yesterday. (Saya Melihat ayahku dirumah kemarin)

3. COMPLEMENT
Sebuah kata pelengkap yang melengkapi kata kerja. Hal ini mirip dengan subjek karena biasanya berupa kata benda, Namun, kata pelengkap pada umumnya mengikuti verba dalam kalimat aktif. Biasanya berupa noun (kata benda) atau noun phrase (frasa kata benda). Terdapat setelah verb pada kalimat aktif. Complement menjawab pertanyaan what (apa) atau siapa (whom).
Contoh Kalimat :
Dadang bought the house with his own money (Dadang membeli rumah dengan uangnya sendiri)
What did Dadang buy ? > a house
4. MODIFIER
Modifier menjelaskan time (waktu), place (tempat), atau manner (cara) dari sebuah aksi atau perbuatan. Bentuk yang paling umum dari modifier adalah prepositional phrase (kelompok kata yang dimulai dengan sebuah preposition dan diakhiri dengan sebuah noun. Modifier menjawab pertanyaan when (kapan), where (dimana), atau how (bagaimana)
Contoh Kalimat :
Dadang running very fast. (Dadang berlari sangat kencang)
How Dadang running ?








Referensi

No comments:

Post a Comment